Kali
ini saya akan membahas tentang softwere 3D open source yaitu Blender. Mungkin
softwere ini masih belum familiar untuk anda. tapi softwere yang besarnya hanya
sekitar 45 mb ini bisa memproduksi berbagai macam film animasi yg nggak kalah kerennya
dengan softwere berbayar sperti 3D max, Maya, dll.
Blender adalah perangkat lunak pengolahan 3
dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender
tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X,
Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan Open BSD. Perangkat lunak ini
berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa
saja.
Berikut
ini akan dijelaskan cara pembuatan bumi dengan menggunakan Texturing Di Blender.
1.
Buka aplikasi blender
2.
Ubah viewport menjadi
Front Ortho dengan memilih :
File à User
Preferences à Input,
Kemudian beri tanda centang pada field box Emulate Numpad à Save As Default
Kemudian anda dapat memilih tampilan pada viewport dengan ( tekan
1 = front dan tekan 5 = orthogonal )
Untuk memperbesar atau memperkecil objek,
gunakan scroll mouse untuk melakukan zoom in/out, menggunakan tanda +/- pada viewport
3.
Karena
kita akan membuat bumi yang berbentuk bulat maka kita hapus cube tersebut
dengan tekan [ Delete ] dan pilih objek
UV Sphere. Dengan cara memilih Add à Mesh à
UV Sphere
Ubah pilihan dari Object Mode à Edit Mode
4.
Putar objek tersebut
dengan menekan [ R ] = (Rotate) , [ Y ] = (Sumbu Y) kemudian tekan 90 pada
viewport
5.
Kemudian tekan [ A ] untuk
unselect, sekarang kita akan membuat objek tersebut menjadi setengah lingkaran [
Klik ] untuk aktifkan Limit selection yang gunanya untuk membuat transparan
objek. tekan [ B ] = (Blok) tahan lalu drag sampe bagian objek yang dikehendaki
6.
Maka bagian setengah objek
UV Sphere tersebut akan terseleksi dengan ditandai warna orange, Setelah bagian
objek terseleksi kemudian hapus bagian yang tidak dikehendaki dengan menekan [
X ] lalu pilih Vertices, hingga objek tersebut menjadi setengah bulat
7.
Setelah
objek tersebut menjadi setengah bulat, kemudian seleksi kembali bagian
tengahnya dengan menekan kembali [ B ] = (Blok)
tahan lalu drag sampai bagi tengah terseleksi
8.
Kemudian tekanlah [ Scroll
+ Drag ] untuk Free Panning, Lalu [ Klik ]
Limit selection untuk menonaktifkan. Setelah bagian tengah terseleksi kemudian
tekan [ F ] untuk menutup bagian tengah objek lingkaran yang terlihat
tidak tertutup
9.
Setelah bagian tersebut
tertutup, kemudian tekan [ Ctrl + E ] à Mark Seam, Lalu tekan [ A ] untuk Unselect maka akan muncul
garis berwarna merah, yang berguna untuk memotong bagian objek pada saat di
Unwrap
10.
Lakukan Splitting windows
dengan cara Arahkan kursor mouse pada sudut window yang ada garis garis yang
dilingkari merah, Kemudian [ klik kiri ] mouse, lalu tahan dan geser hingga
viewport membelah dua, lalu Tekan [ A ] untuk menseleksi semua
11.
Kemudian siapkan gambar
texture bumi dan inti dalam lapisan bumi yang telah menjadi satu gambar yang
berbentuk JPEG
12.
Ubah salah satu view dari
DefaultUV à Editing Untuk melihat
hasil potongan yang sebelumnya yang telah di Unwrap
13.
Pilih
ImageOpen à Image. Masukkan gambar bumi dan lapisan inti bumi tersebut
untuk kita UV. Kemudian tekan [ U ] Unwrap
untuk menampilkan hasil potongan yang telah di Mark seam
14.
Rapihkan
hasil Unwrap dengan menseleksi bagian yang ingin dirapihkan dan tepatkan pada
bagian gambar. Untuk memperkecil dapat menekan [ S ] = (Scale) lalu tekan[ X ] =
( Sumbu X ) ataupun tekan [ Y ] = (Sumbu Y). jika ingin menggeser/memindahkan
dapat menekan [ G ]
15.
Hasil
UV tersebut dapat terlihat dengan mengganti pilihan dari Edit Mode à Object
Mode dan mengganti pilihan Solid à Texture
16.
Kembalikan dari UV Editing
à Default, dan jadikan
kembali view spliting windows menjadi satu tampilan kembali. Tekan [ Scroll + Drag
] untuk Free Panning, agar dapat melihat lihat hasil dari berbagai sudut
17.
Buatlah material baru
dengan memilih Material à
New
18.
Pilihlah Texture à New
Di dalam panel texture ada beberapa step pilihan yang harus
diubah, Ubahlah pilihan dari Clouds à Image or Movie
Pilihlah Open, dan masukkan kembali gambar yang sebelumnya
Gunakan scroll down untuk mencari ke bawah, kemudian ubah
pilihan Generated à
UV
19.
Selanjutnya ke pilihan
Material dan ubahlah Object Mode à Edit Mode Lalu tekan [ A ] untuk seleksi secara keseluruhan.
Kemudian dalam menu panel Material, pilihlah Assign
20.
Agar Objek terlihat bagus,
kembalilah ke pilihan Object Mode lalu pilih Smooth, Sebelum di Smooth pastikan
Objeknya terseleksi, dengan cara menekan [ Klik Kanan ] pada objek ataupun
tekan [ A ]
21.
Kemudian tambahkan cahaya
dengan memilih Add à
Lamp à Hemi dan pastikan posisi
cahaya tersebut berada di atas objek
22.
Agar
hasil render nantinya, gambar menjadi lebih menarik, berikan background
Gradient dengan memilih World dan beri tanda
centang pada field box Paper Sky dan Blend Sky
23.
Tekanlah
[ N ] pada viewport, maka akan muncul panel. Aktifkan field box dari Lock
Camera to View untuk
mengunci pandangan camera agar dapat mengambil objek gambar sesuai yang
diinginkan
24.
Untuk
mengatur sudut pandang kamera tekanlah [ 0 ] (angka nol) pada viewport. Atau
tekan [ Scroll+Drag] untuk Free Panning
25.
Jika sudah menemukan sudut
pengambilan yang tepat, lakukanlah render dengan menekan [ F12 ]. Simpan gambar
yang telah dirender dengan memilih Image à Save As Image
Video Tutorial Membuat Bumi Dengan Texturing Di Blender
0 komentar:
Posting Komentar