RSS

Tutorial Membuat Bumi Dengan Texturing Di Blender


Kali ini saya akan membahas tentang softwere 3D open source yaitu Blender. Mungkin softwere ini masih belum familiar untuk anda. tapi softwere yang besarnya hanya sekitar 45 mb ini bisa memproduksi berbagai macam film animasi yg nggak kalah kerennya dengan softwere berbayar sperti 3D max, Maya, dll.
Blender adalah perangkat lunak pengolahan 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan Open BSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Berikut ini akan dijelaskan cara pembuatan bumi dengan menggunakan Texturing Di Blender.
1.           Buka aplikasi blender
2.           Ubah viewport menjadi Front Ortho dengan memilih :

File à User Preferences à Input, Kemudian beri tanda centang pada field box Emulate Numpad à Save As Default

Kemudian anda dapat memilih tampilan pada viewport dengan ( tekan 1 = front dan tekan 5 = orthogonal )

Untuk memperbesar atau memperkecil objek, gunakan scroll mouse untuk melakukan zoom in/out, menggunakan tanda +/- pada viewport
3.           Karena kita akan membuat bumi yang berbentuk bulat maka kita hapus cube tersebut dengan tekan [ Delete ] dan pilih objek UV Sphere. Dengan cara memilih Add à Mesh à UV Sphere

Ubah pilihan dari Object Mode à Edit Mode
4.           Putar objek tersebut dengan menekan [ R ] = (Rotate) , [ Y ] = (Sumbu Y) kemudian tekan 90 pada viewport
5.           Kemudian tekan [ A ] untuk unselect, sekarang kita akan membuat objek tersebut menjadi setengah lingkaran [ Klik ] untuk aktifkan Limit selection yang gunanya untuk membuat transparan objek. tekan [ B ] = (Blok) tahan lalu drag sampe bagian objek yang dikehendaki
6.           Maka bagian setengah objek UV Sphere tersebut akan terseleksi dengan ditandai warna orange, Setelah bagian objek terseleksi kemudian hapus bagian yang tidak dikehendaki dengan menekan [ X ] lalu pilih Vertices, hingga objek tersebut menjadi setengah bulat
7.           Setelah objek tersebut menjadi setengah bulat, kemudian seleksi kembali bagian tengahnya dengan menekan kembali [ B ] = (Blok) tahan lalu drag sampai bagi tengah terseleksi
8.           Kemudian tekanlah [ Scroll + Drag ] untuk Free Panning, Lalu [ Klik ] Limit selection untuk menonaktifkan. Setelah bagian tengah terseleksi kemudian tekan [ F ] untuk menutup bagian tengah objek lingkaran yang terlihat tidak tertutup
9.           Setelah bagian tersebut tertutup, kemudian tekan [ Ctrl + E ] à Mark Seam, Lalu tekan [ A ] untuk Unselect maka akan muncul garis berwarna merah, yang berguna untuk memotong bagian objek pada saat di Unwrap
10.      Lakukan Splitting windows dengan cara Arahkan kursor mouse pada sudut window yang ada garis garis yang dilingkari merah, Kemudian [ klik kiri ] mouse, lalu tahan dan geser hingga viewport membelah dua, lalu Tekan [ A ] untuk menseleksi semua
11.      Kemudian siapkan gambar texture bumi dan inti dalam lapisan bumi yang telah menjadi satu gambar yang berbentuk JPEG
12.      Ubah salah satu view dari DefaultUV à Editing Untuk melihat hasil potongan yang sebelumnya yang telah di Unwrap
13.      Pilih ImageOpen à Image. Masukkan gambar bumi dan lapisan inti bumi tersebut untuk kita UV. Kemudian tekan [ U ] Unwrap untuk menampilkan hasil potongan yang telah di Mark seam
14.      Rapihkan hasil Unwrap dengan menseleksi bagian yang ingin dirapihkan dan tepatkan pada bagian gambar. Untuk memperkecil dapat menekan [ S ] = (Scale) lalu tekan[ X ] = ( Sumbu X ) ataupun tekan [ Y ] = (Sumbu Y). jika ingin menggeser/memindahkan dapat menekan [ G ]
15.      Hasil UV tersebut dapat terlihat dengan mengganti pilihan dari Edit Mode à Object Mode dan mengganti pilihan Solid à Texture
16.      Kembalikan dari UV Editing à Default, dan jadikan kembali view spliting windows menjadi satu tampilan kembali. Tekan [ Scroll + Drag ] untuk Free Panning, agar dapat melihat lihat hasil dari berbagai sudut
17.      Buatlah material baru dengan memilih Material à New
18.      Pilihlah Texture à New

Di dalam panel texture ada beberapa step pilihan yang harus diubah, Ubahlah pilihan dari Clouds à Image or Movie

Pilihlah Open, dan masukkan kembali gambar yang sebelumnya

Gunakan scroll down untuk mencari ke bawah, kemudian ubah pilihan Generated à UV
19.      Selanjutnya ke pilihan Material dan ubahlah Object Mode à Edit Mode Lalu tekan [ A ] untuk seleksi secara keseluruhan. Kemudian dalam menu panel Material, pilihlah Assign
20.      Agar Objek terlihat bagus, kembalilah ke pilihan Object Mode lalu pilih Smooth, Sebelum di Smooth pastikan Objeknya terseleksi, dengan cara menekan [ Klik Kanan ] pada objek ataupun tekan [ A ]
21.      Kemudian tambahkan cahaya dengan memilih Add à Lamp à Hemi dan pastikan posisi cahaya tersebut berada di atas objek
22.      Agar hasil render nantinya, gambar menjadi lebih menarik, berikan background Gradient dengan memilih World dan beri tanda centang pada field box Paper Sky dan Blend Sky
23.      Tekanlah [ N ] pada viewport, maka akan muncul panel. Aktifkan field box dari Lock Camera to View untuk mengunci pandangan camera agar dapat mengambil objek gambar sesuai yang diinginkan
24.      Untuk mengatur sudut pandang kamera tekanlah [ 0 ] (angka nol) pada viewport. Atau tekan [ Scroll+Drag] untuk Free Panning
25.      Jika sudah menemukan sudut pengambilan yang tepat, lakukanlah render dengan menekan [ F12 ]. Simpan gambar yang telah dirender dengan memilih Image à Save As Image

Demikian tutorial dari saya tentang Tutorial Membuat Bumi Dengan Texturing Di Blender. Jika ada pertanyaan seputar blender, silahkan ajukan pertanyaan tersebut melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.


Video Tutorial Membuat Bumi Dengan Texturing Di Blender


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar